Monday, August 15, 2011

Makanan Kelomang Darat



Kelomang membutuhkan makanan untuk kelangsungan hidupnya.
Jika di kelompokan, makanan kelomang berupa:
- Buah-Buahan
- Sayur-sayuran
- Daging
- Makanan khusus kelomang
- Makanan kalsium
- Dll

Buah
Pengalaman saya buah yg disukai adalah mangga, pisang, kelapa, apel, pear, pepaya, semangka, dan ketapang. Buah-buah yang belum disebut juga bisa dimasukkan ke dalam menu.
Tapi kalau masalah yang favorit adalah mangga sama kelapa.
Boleh juga kalau sampah dari buah seperti kulit pisang, kulit mangga, bisa dikasih . Mereka juga doyan.
Kita juga bisa memberi buah-buah yang berasal dari pantai sendiri, tetapi buah yang mudah ditemui di sekitar kita yang habitat asli tanaman itu di pantai adalah tanaman ketapang. Buah ketapang yang sudah agak kekuningan bisa diberikan kepada kelomang darat.

Sayuran
Kalau sayuran, bisa diberi sawi, kangkung, bayam, tomat, singkong dll. Kulit kentang rebus, kulit wortel bisa juga bisa untuk makanan mereka. Kulit wortel bisa diparut dahulu sebelum diberikan atau di berikan dengan sayatan tipis.Untuk sayur yang berdaun, sayur sebaiknya diambil setelah beberapa hari supaya crabitat tidak berbau tengik. Sayur-sayur yang sudah direbus juga baik untuk mereka namun jangan direbus terlalu lama karena gizi dapat hilang serta harus segera diambil setelah h+1malam karena sayur tersebut dapat berbau sangat tidak enak.

Daging
Daging bisa berupa daging udang, kepiting, ikan, ayam, dan sapi. Hanya pemberian daging pada kelomang diberikan dalam jumlah yang sesuai( jangan terlalu banyak). Namun, sehubungan habitat kelomang adalah di pantai maka sebaiknya diberi daging yang berasal dari organisme pantai dan laut.

Makanan Kering
Makanan kering itu bisa berupa pelet, flake dan masih banyak lagi. Biasanya itu dijual di pet store namun masih terbatas untuk di Indonesia. Pelet ikan untuk ikan tawar dan laut, dogfood, havermout juga bisa digunakan. Lagipula makanan kering cenderung awet dan tak berbau jika tidak terkena air.

Makanan kalsium
Makanan ini awet dan tidak akan meninggalkan bau busuk. Contohnya seperti tulang sotong. Makanan ini bisa dibiarkan saja di dalam crabitat dan juga bisa dihancurkan menjadi bubuk untuk kemudian dicampur dengan makanan kering dan minuman atau disebar pada crabitat. Contoh lain adalah tulang cumi-cumi dan cangkang telur. Mereka juga bisa dihancurkan atau dibiarkan saja di dalam crabitat. Untuk telur, bagian dalam harus dibersihkan supaya tidak berbau amis.
TULANG SOTONG

BUBUK KALSIUM U REPTIL


Dan Lain - lain
Kalau yang ini biasanya hasil kreasi dan percobaan sendiri. Yang pernah saya coba adalah kacang yang dipanggang lalu ditumbuk halus. Tetapi makanan ini memiliki kelemahannya adalah mudah tengik(busuk).
Batang tebu dan ampas gilingan tebu bisa diberikan ke kelomang jugaa.



Pemberian makanan sebaiknya bervariasi . Hal itu dikarenakan kita tidak tahu apa yang diinginkan oleh masing-masing kelomang sehingga dengan begitu gizi mereka tetap terpenuhi.
Semoga berguna..........

No comments:

Post a Comment